Pengaruh Komposisi Katalis pada Pembuatan Komposit Sebagai Aplikasi untuk Body Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE)

  • Abdul Hamid Politeknik Negeri Madura
  • Muhammad Ali Zainal Abidin Politeknik Negeri Madura
  • Annafiyah Annafiyah Politeknik Negeri Madura
  • Ike Dayi Febriana Politeknik Negeri Madura
  • Aurista Miftahatul Ilmah Politeknik Negeri Madura
  • Mohammad Abdullah Politeknik Negeri Madura
DOI: https://doi.org/10.52158/jamere.v4i2.816
I will put the dimension here
Kata Kunci: Komposit, Katalis, Kontes Mobil Hemat Energi, Fiberglass

Abstrak

Bentuk body yang kuat dan ringan menjadi faktor penting pada ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE).  Bentuk dan material pada body yang digunakan mempengaruhi kecepatan mobil. Bahan komposit banyak dipilih sebagai material pembuatan body KMHE, karena  sifatnya yang kuat, ringan dan memiliki struktur serat yang saling mengikat. Sehingga pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi komposisi katalis pada material komposit menggunakan fiberglass, woven roving dan resin untuk mendapatkan hasil komposit yang optimum. Variasi komposisi katalis yang digunakan yaitu sbesar 1; 1,5; 2 dan 2,5 %.  Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan diperoleh hasil pengujian tarik dengan hasil tertinggi yaitu pada variasi komposisi katalis 2,5% sebesar 72,23 MPa dan nilai paling rendah 27,1 MPa untuk komposisi katalis 1%. Semakin besar komposisi katalis menyebabkan nilai kekuatan tarik semakin meningkat. Hasil pengujian max force dan modulus elastisitas  tertinggi diperoleh pada variasi komposisi katalis 2% yaitu sebesar 7217 MPa dan 16,30 MPa. Sedangkan hasil pengujian impact tertinggi didapatkan nilai sebesar10,65 Joule dengan variasi katalis 1,5%.

Referensi

[1] L. Gardyński, J. Caban, and D. Barta, “Research of Composite Materials Used in the Construction of Vehicle Bodywork,” Adv. Sci. Technol. Res. J., vol. 12, no. 3, pp. 181–187, 2018,.
[2] L. Anggraini and I. B. M. Gana, “Analysis of Composite Electric Vehicle Body,” J. Mech. Eng. Mechatronics, vol. 5, no. 1, p. 1, 2020.
[3] A. Wazeer, A. Das, C. Abeykoon, A. Sinha, and A. Karmakar, “Composites for electric vehicles and automotive sector: A review,” Green Energy Intell. Transp., vol. 2, no. 1, p. 100043, 2023.
[4] A. C. Omaña, J. M. Arenas, and J. C. Suarez, “Analysis of the Behavior of Fiberglass Composite Panels in Contact with Water Subjected to Repeated Impacts,” Lect. Notes Mech. Eng., pp. 282–289, 2023.
[5] S. M. B. Respati, I. Katsir, and M. Dzulfikar, “Bodi Mobil dengan Komposit Matriks Fiber Carbon-Honeycome dan Penguat Resin Lycal,” J. Tek. Mesin, vol. 17, no. 2, pp. 29–33, 2020.
[6] H. Mohammadi et al., “Lightweight Glass Fiber-Reinforced Polymer Composite for Automotive Bumper Applications: A Review,” Polymers (Basel)., vol. 15, no. 1, pp. 1–30, 2023.
[7] J. Mishra and R. Panigrahi, “Mini-Review on Structural Performance of Fiber Reinforced Geopolymer Concrete,” Int. J. Innov. Technol. Interdiscip. Sci. www.IJITIS.org, vol. 3, no. 2, pp. 435–442, 2020.
[8] H. Hestiawan, Jamasri, and Kusmono, “Pengaruh Penambahan Katalis Terhadap Sifat Mekanis Resin Poliester Tak Jenuh,” Teknosia, vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2017.
[9] R. Milya et al., “Pengaruh Persentase Resin Dan Katalis Terhadap Kekuatan,” vol. 4, no. 3, pp. 78–83, 2022.
[10] M. Z. Rahimi, R. Zhao, S. Sadozai, F. Zhu, N. Ji, and L. Xu, “Research on the influence of curing strategies on the compressive strength and hardening behaviour of concrete prepared with Ordinary Portland Cement,” Case Stud. Constr. Mater., vol. 18, no. January, p. e02045, 2023.
[11] O. M. Olofinnade, A. N. Ede1, J. M. Ndambuki, and D. O. Olukanni1, “Effects of Different Curing Methods on the Strength Development of Concrete Containing Waste Glass as Substitute for Natural Aggregate,” Covenant J. Eng. Technol. (CJET). Sud Africa, vol. 1, no. 1, pp. 1–17, 2017.
[12] A. Alamsyah, T. Hidayat, and A. N. Iskandar, “Pengaruh Perbandingan Resin Dan Katalis Terhadap Kekuatan Tarik Komposit Fiberglass-Polyester Untuk Bahan Pembuatan Kapal,” Zo. Laut J. Inov. Sains Dan Teknol. Kelaut., vol. 2, no. 2, pp. 26–32, 2020.
Diterbitkan
2024-05-24
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##