Analisis Kinerja Pelaksanaan Sistem Pengadaan Secara Elektronik Versi 4.4 di Kabupaten Ngawi

  • Anggara Azmi Wicaksono Universitas Jember
  • Anita Trisiana Universitas Jember
  • Anik Ratnaningsih Universitas Jember
Keywords: E-Procurement, IPA, LPSE, SPSE

Abstract

Pelaksanaan pemilihan penyedia barang dan jasa pada Kabupaten Ngawi menggunakan Perpres No.12 Tahun 2021 dan aplikasi SPSE V4.4 sesuai dengan perubahan peraturan yang berlaku. Namun pada implementasinya pelaksanaan pengadaan barang dan jasa masih belum berjalan sebagaimana mestinya yang sesuai dengan prinsip-prinsip pengadaan yaitu bahwa pengadaan barang dan jasa di LPSE Ngawi belum sepenuhnya transparansi kepada publik. Tujuan penelitian ini untuk mengukur tingkat kinerja aplikasi SPSE V4.4 di Pemerintah Daerah Kabupaten Ngawi, dengan harapan penelitian ini dapat meningkatkan kinerja aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik sesuai dengan Perpres No.12 Tahun 2021 dan memenuhi prinsip-prinsip pengadaan. Metode analisis faktor dalam penelitian ini adalah Importance Performance Analysis (IPA) menggunakan perangkat lunak bantu analisis statistik. Pengumpulan data sekunder diperoleh melalui web resmi LPSE Ngawi. Sedangkan data primer dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada responden yaitu, Pokja UKPBJ dan kontraktor peserta tender 2021 yang menggunakan SPSE V4.4. Variabel penelitian ini dikelompokkan menjadi enam yaitu, Kualitas Sistem (KS), Efisiensi dan Efektif (EE), Terbuka dan Transparansi (TT), Akses Pasar Bersaing (APB), Adil atau Tidak Diskriminatif (TD), dan Akuntabilitas (AK). Hasil pengolahan data kuesioner, diperoleh perhitungan nilai kinerja SPSE yang diukur melalui prinsip-prinsip pengadaan pada penyedia jasa dan panitia pengadaan diperoleh nilai kinerja yang sudah cukup baik dengan nilai kesesuaian antara 66% hingga 99%. Berdasarkan analisis dengan metode IPA kesesuaian SPSE V4.4 terhadap Perpres No.12 Tahun 2021 berada pada kuadran B yang menandakan instrumen tersebut sudah berjalan dengan memuaskan. Analisis untuk kesesuaian fitur pada SPSE V4.4 juga sudah disesuaikan dengan Perpres No.12 Tahun 2021 dan peraturan pendukungnya.

References

Hanifah, Aisyah Nur. 2018. “Analisis Efektivitas Kinerja Konsultan Pengendali Mutu Independen (Pmi) Pada Proyek Jalan Tol Dengan Metode Importance Performance Analysis (Ipa).” Aplikasi Dan Analisis Literatur Fasilkom Ui: 4–25.

Fatmawati, Nur Aisyah. 2020. Skripsi Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Pengadaan Secara Elektronik (Spse) V4.3 Di Kabupaten Jember.

Albirru, Gatrawan Muchammad. 2019. “Identifikasi Risiko Penggunaan Aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (Spse) Versi 4.3 Di Kabupaten Lumajang Menggunakan Metode Ahp (Studo Kasus : Pokja Pemilihan Kabupaten Lumajang.”

Arifin, Ari Syaiful Rahman. 2020. “Analisis Pelaksanaan E- Tendering Jasa Konstruksi Berdasarkan Prinsip-Prinsip Pengadaan Barang Dan Jasa Di Perguruan Tinggi.” Journal Of Civil Engineering And Vacational Education 7(1): 36–43.

Published
2022-07-07
How to Cite
Azmi Wicaksono, A., Trisiana, A., & Ratnaningsih, A. (2022). Analisis Kinerja Pelaksanaan Sistem Pengadaan Secara Elektronik Versi 4.4 di Kabupaten Ngawi. Journal of Applied Civil Engineering and Infrastructure Technology, 3(1), 17 - 25. https://doi.org/10.52158/jaceit.v3i1.279
Section
Articles