Pengembangan Game Molemash di Android Menggunakan Metode Rapid Application Development
I will put the dimension here
Abstract
As we know the game is one of the interesting applications found in gadgets. Many people who play games use their gadgets. The fans of this game come from various age segments. Although the majority is dominated by children and adolescents. Molemash is one of the popular games since time immemorial. This Molemash game is played by touching certain characters that appear on the gadget's screen. The aim of developing this Molemash game is as a media to entertain children during the Covid-19 pandemic. Another goal is to introduce programming to today's parents. The development method used is Rapid Application Development (RAD). One application that supports the RAD method is MIT App Inventor 2. MIT App Inventor 2 is one of the tools that supports the RAD method because it implements block programming so that it allows efficiency in terms of program lines that must be written. One block at MIT App Inventor 2 represents dozens or even hundreds of program lines. Users only need to arrange the blocks according to the desired logic flow. Therefore MIT App Inventor 2 is suitable for rapid software development. The result of developing this Molemash game is that children get alternative entertainment during the Covid-19 pandemic. Whereas in terms of parents get new knowledge related to game development on Android.
Downloads
References
Kong, S. C., & Abelson, H. (Eds.). (2019). Computational Thinking Education. Springer.
Kang, H., Cho, J., & Kim, H. (2015). Application study on Android application prototyping method using App inventor. Indian Journal of Science and Technology, 8(19), 1–5.
Radoslaw, K., Turczynski, L., & Zyla, K. (2016). Comparison of App Inventor 2 and Java in creating personal applications for Android on example of a notepad. Advances in Science and Technology Research Journal, 10(31), 247–254.
Kowalczyk, R., Turczyński, Ł., & Żyła, K. (2016). Comparison of App Inventor 2 and Java in creating personal applications for Android on example of a notepad. Advances in Science and Technology. Research Journal, 10(31).
Kang, H., Cho, J., & Kim, H. (2015). Application study on android application prototyping method using app inventor. Indian Journal of Science and Technology, 8(18), 1.
Saeed, S., Jhanjhi, N. Z., Naqvi, M., & Humayun, M. (2019). Analysis of Software Development Methodologies. International Journal of Computing and Digital Systems, 8(5), 446-460.
Fraser, N. (2013). Blockly: A visual programming editor. URL: https://code. google. com/p/blockly.
Begel, A., & Klopfer, E. (2007). Starlogo TNG: An introduction to game development. Journal of E-Learning, 53, 146.
Resnick, M., Maloney, J., Monroy-Hernández, A., Rusk, N., Eastmond, E., Brennan, K., ... & Kafai, Y. B. (2009). Scratch: Programming for all. Commun. Acm, 52(11), 60-67.
Papadakis, S., & Orfanakis, V. (2016, November). The combined use of Lego Mindstorms NXT and App Inventor for teaching novice programmers. In International Conference EduRobotics 2016 (pp. 193-204). Springer, Cham.
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Dengan mengirimkan manuskrip ke Journal of Applied Computer Science and Technology (JACOST), penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Journal of Applied Computer Science and Technology (JACOST) sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-SA).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Journal of Applied Computer Science and Technology (JACOST);
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Journal of Applied Computer Science and Technology (JACOST) tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.
Lisensi :
Journal of Applied Computer Science and Technology (JACOST) diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-SA). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :.
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun.
Lisensi :
-
Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
-
BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.