Sistem Presensi Online Berdasarkan Metode Rapid Application Development Menggunakan Block Programming
I will put the dimension here
Abstract
Today, the millennial generation is increasingly inseparable from gadgets. Most of their time is spent interacting using these gadgets. So that even during lectures, they can be sure that they will continue to interact using these gadgets. When this millennial generation is undergoing lectures in the classroom, usually attendance will be circulated using a paper attendance list and students must sign the paper as proof of class attendance. This often creates problems when there are students who leave their presence through classmates. The solution to this problem is to develop a mobile-based online presence system. The urgent need for an online presence system causes the system to be developed quickly. The suitable method for rapid system development is Rapid Application Development (RAD). This QRCode-based online attendance system has succeeded in overcoming the problem of entrusting presence through classmates.
Downloads
References
D. Juardi, “Presensi dan Reminder menggunakan QR Code (Studi Kasus : SMA XXX)”, Systematics Journal, vol. 1, no. 1, pp. 33-43, Aug. 2019.
Supendi, Y., Supriadi, I., & Isto, A. A., “Pemanfaatan Teknologi QR-Code Pada Sistem Presensi Mahasiswa Berbasis Mobile”, Seminar Nasional APTIKOM (SEMNASTIK), pp. 550-558, 2019.
Hermanto, N., & Riyanto, N. R. D. R., “Aplikasi sistem presensi mahasiswa berbasis android.”, Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 10(1), 107-116, 2019.
Satrio, M. A., Abdillah, L. A., & Syazili, A., “Aplikasi Presensi Mahasiswa dengan Menggunakan QR Code Berbasis Android pada Universitas Bina Darma”, 2017.
Piercy, N. F. (Ed.)., “Management information systems: the technology challenge (Vol. 40).”, Routledge, 2018.
Ressin, M., “Choice of a visual programming language in a level 3 introductory computing course”, 2017.
Tse, P. H., “Data analytics and visualizations for StarLogo Nova block programming platform (Doctoral dissertation, Massachusetts Institute of Technology)”, 2017.
opalli, D., & Cagiltay, N. E., “Improving programming skills in engineering education through problem-based game projects with Scratch”, Computers & Education, 120, 64-74, 2018.
Jain, A., Adebayo, J., De Leon, E., Li, W., Kagal, L., Meier, P., & Castillo, C., “Mobile application development for crisis data”, Procedia Engineering, 107, 255-262, 2015.
Papadakis, S., Kalogiannakis, M., Zaranis, N., & Orfanakis, V., “Using Scratch and App Inventor for teaching introductory programming in secondary education. A case study. International Journal of Technology Enhanced Learning”, 8(3-4), 217-233, 2016.
Copyright (c) 2021 Agus Cahyo Nugroho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Dengan mengirimkan manuskrip ke Journal of Applied Computer Science and Technology (JACOST), penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Journal of Applied Computer Science and Technology (JACOST) sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-SA).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Journal of Applied Computer Science and Technology (JACOST);
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Journal of Applied Computer Science and Technology (JACOST) tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.
Lisensi :
Journal of Applied Computer Science and Technology (JACOST) diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-SA). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :.
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun.
Lisensi :
-
Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
-
BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.