Kajian Implementasi Jaringan Syaraf Tiruan Metode Backpropagation Untuk Deteksi Bau

  • Zahri Hasanati Politeknik Negeri Padang
  • Dwiny Meidelfi Politeknik Negeri Padang
DOI: https://doi.org/10.52158/jacost.v1i2.113
I will put the dimension here
Keywords: bau, jaringan syaraf tiruan, backpropagation, hidung elektronik, deteksi

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan maju sehingga berdampak terciptanya alat atau sistem yang mampu bekerja seperti jaringan manusia, salah satu contohnya adalah sistem yang bekerja mirip dengan cara kerja hidung manusia atau e-nose. Dengan adanya bantuan sistem ini, maka dapat membantu mempermudah manusia dalam mengidentifikasi serta mengklasifikasikan bau yang tidak dapat tercium atau terdeteksi oleh hidung manusia serta dapat juga meningkatkan akurasi dan ketepatan dalam mengenali bau-bau yang ada. Cara kerja atau prinsip dari e-nose dalam mendeteksi bau yaitu dengan memanfaatkan berbagai reseptor-reseptor untuk dapat mengklasifikasikan bau dan masing-masing reseptor akan memberikan hasil respon atau output yang berbeda-beda dari satu jenis bau yang diuji. Pendekatan yang dilakukan pada pembuatan kajian ini adalah pengenalan pola yaitu belajar dari pola-pola atau contoh yang telah dicoba sebelumnya untuk dapat dikenali oleh sistem agar dapat mendapatkan hasil yang diinginkan atau sesuai target. Untuk dapat membuat sistem deteksi ini dibutuhkan metode yang mampu bekerja seperti jaringan manusia, metodenya yang sering digunakan adalah Jaringan Syaraf Tiruan atau Neural Network. Metode yang sering dipakai dalam membuat e-nose adalah Jaringan Syaraf Tiruan. Jaringan Syaraf Tiruan adalah cara untuk proses informasi yang kerjanya meniru sistem syaraf biologi manusia mirip dengan kerja otak.. Penelitian ini dilakukan dengan mempelajari dan mendalami penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Hasil studi literatur yang dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa implementasi Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation bekerja dengan baik dalam mengenali dan mendeteksi bau.  Pada penelitian ini diharapkan dapat membantu mahasiswa, peneliti dan pihak-pihak terkait dalam merancang dan membangun sistem yang menggunakan metode Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. S. Yuwono, “Kuantifikasi Bau dan Polusi Bau di Indonesia ( Odour Quantification and Odour Pollution in Indonesia ) Kuantifikasi Bau dan Polusi Bau di Indonesia ( Odour Quantification and Odour Pollution in Indonesia ) Arief Sabdo Yuwono,” no. June, 2016.

O. A. Putra and M. H. Hersyah, “IDENTIFIKASI AROMA TEH DENGAN E-NOSE MENGGUNAKAN,” no. November, 2016.

Y. A. Lesnussa, L. J. Sinay, and M. R. Idah, “Aplikasi Jaringan Saraf Tiruan Backpropagation untuk Penyebaran Penyakit Demam Berdarah Dengue ( DBD ) di Kota Ambon,” vol. 13, no. 2, pp. 63–72, 2017.

R. W. Purnamasari, “BACKPROPAGATION SEBAGAI SISTEM DETEKSI PENYAKIT TUBERCULOSIS ( TBC ),” 2013.

D. L. Chrisal Aji Lintang, Triyogatama Wahyu Widodo, “Rancang Bangun Electronic Nose untuk Mendeteksi Tingkat Kebusukan Ikan Air Tawar 1,” vol. 6, no. 2, pp. 129–140, 2016.

A. S. Budi Gunawan, “Aplikasi Jaringan Syaraf Tiruan Pada Sistem E-Nose,” pp. 317–325, 2017.

I. N. Rahmani, D. Lelono, and K. Triyana, “Klasifikasi Kakao Berbasis e-nose dengan Metode Neuro Fuzzy,” vol. 8, no. 1, 2018.

A. F. Hudhori, “DESAIN ELECTRONIC NOSE UNTUK PENGENALAN JENIS KOPI LOKAL BERBASIS SENSOR GAS MENGGUNAKAN JARINGAN SYARAF TIRUAN PERAMBATAN MUNDUR.”

M. Ulfa et al., “Desain Sistem Pengenalan dan Klasifikasi Kopi Bubuk Bermerek Dengan Menggunakan Electronic Nose Berbasis Artifical Neural Network,” vol. 1, no. 2, pp. 51–60, 2019.

D. Rabersyah, “IDENTIFIKASI JENIS BUBUK KOPI MENGGUNAKAN ELECTRONIC NOSE,” no. 3, 2016.

Y. B. Widodo, U. Mohammad, H. Thamrin, G. Discent, P. Balik, and S. G. Descent, “Pengenalan angka tulisan tangan menggunakan jaringan syaraf buatan,” vol. 5, no. 1, pp. 51–54, 2019.

W. Astuti, D. Lenono, and F. Faizah, “Identifikasi Tahu Berformalin dengan Electronic Nose Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation,” IJEIS (Indonesian J. Electron. Instrum. Syst., vol. 6, no. 2, p. 211, 2016.

N. ULYA, “IDENTIFIKASI KANDUNGAN MINYAK GORENG MENGGUNAKAN JARINGAN SARAF TIRUAN DENGAN METODE BACKPROPAGATION,” 2019.

Published
2020-12-16
How to Cite
[1]
Z. Hasanati and Dwiny Meidelfi, “Kajian Implementasi Jaringan Syaraf Tiruan Metode Backpropagation Untuk Deteksi Bau ”, J. Appl. Comput. Sci. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 90 - 95, Dec. 2020.
Section
Articles
Bookmark and Share