Pengembangan Chatbot “Ciovita” Virtual Assistant Cioccolato Brownie Semarang Dengan Metode Waterfall
I will put the dimension here
Abstract
Cioccolato brownie is a business engaged in the food business, namely brownies. In doing business, Cioccolato brownie performs the traditional process of presenting information to consumers to obtain product and development information. Where by contacting and communicating through the admin or business owner via short messages. Therefore, consumers will take a long time to get the desired business or product information. Meanwhile, business owners or admins also become inefficient and inefficient in running a business, because they must be effective in sending messages that may be carried out between one consumer and another. Therefore, to overcome the problems faced by Cioccolato brownie, a virtual assistant chatbot based on website, line and telegram was created. A virtual assistant chatbot named Ciovita. The method used in the development of a virtual assistant with the Waterfall Model is modeled with Usecase, activity diagram and sequence. The final result of the development of this virtual assistant chatbot is a website, line and telegram that can facilitate the provision of product information on Cioccolato brownie, so that it will help Cioccolato brownie in carrying out its business activities more effectively and efficiently.
Downloads
References
Indurkhya, Nitin And Dameran, Freed J.”Handbook Of Natural Language Processing”, Second Edition, New York : Crc Press. 2010.
Hakim, L., Gustina, S., Putri, S. F., & Faudiah, S. U. (2020). Perancangan Chatbot di Universitas Proklamasi 45. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 4(1), 91-100.
Følstad, A., Kvale, K., Haugstveit, I.M.: Customer support as a source of usability insight: why users call support after visiting self-service websites. In: Proceedings of NordiCHI 2014, pp. 167–170. ACM, New York (2014). https://doi.org/10.1145/2639189.2639232
Tezcan, T., Zhang, J.: Routing and staffing in customer service chat systems with impatient customers. Oper. Res. 62(4), 943–956 (2014). https://doi.org/10.1287/opre.2014.1284
Brandtzaeg, P.B., Følstad, A.: Why people use chatbots. In: Kompatsiaris, I., et al. (eds.) INSCI 2017. LNCS, vol. 10673, pp. 377–392. Springer, Cham (2017). https://doi.org/10. 1007/978-3-319-70284-1_30
Xu, A., Liu, Z., Guo, Y., Sinha, V., Akkiraju, R.: A new chatbot for customer service on social media. In: Proceedings of CHI 2017, pp. 3506–3510. ACM, New York (2017). https:// doi.org/10.1145/3025453.3025496
Liu, X., Xu, A., Sinha, V., Akkiraju, R.: Voice of customer: a tone-based analysis system for online user engagement. In: Extended Abstracts of CHI 2018. ACM, New York (2018). https://doi.org/10.1145/3170427.3188454
A. A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK, Oct. 2020.
R. Saputra, “Desain Sistem Informasi Order Photo pada Creative Studio Photo dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic.Net 2010 ,” Jurnal Momentum, vol. 17, no. 2, Aug. 2015.
Pressman, R.S. “Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi”, Buku I, Yogyakarta : Andi. 2015
Copyright (c) 2022 Elita Natalia Sugianto, Jessica Aurelia Sujangga, Novita Delvia, Verdiana Ayustika, Agus Cahyo Nugroho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Dengan mengirimkan manuskrip ke Journal of Applied Computer Science and Technology (JACOST), penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Journal of Applied Computer Science and Technology (JACOST) sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-SA).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Journal of Applied Computer Science and Technology (JACOST);
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Journal of Applied Computer Science and Technology (JACOST) tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.
Lisensi :
Journal of Applied Computer Science and Technology (JACOST) diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-SA). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :.
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun.
Lisensi :
-
Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
-
BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.