Usability Testing pada Prototype Aplikasi Mobile PlayKids Menggunakan USE Questionnaire

  • Morleedia Adi Yahya Institut Teknologi Telkom Purwokero
  • Tenia Wahyuningrum Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Novian Adi Prasetyo Institut Teknologi Telkom Purwokerto https://orcid.org/0000-0003-4935-5497
DOI: https://doi.org/10.52158/jacost.v3i1.160
I will put the dimension here
Keywords: ux lifecycle, usability testing, use questionnaire, prototype medium fidelity

Abstract

PlayKids merupakan sebuah sistem aplikasi berbasis mobile yang dibuat atau ditujukan untuk anak anak usia rentan antara 4 - 12 tahun. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan untuk mengarahkan kesesuaian ketersediaan musik dengan kebutuhan konsumsi musik untuk anak. Karena sampai dengan saat ini fasilitas layanan musik digital yang tersedia bersifat acak bahkan kebanyakan untuk konsumsi dewasa. Dengan menggunakan aplikasi ini para orang tua tidak perlu lagi merasa khawatir dalam mengawasi anak-anak mereka ketika mendengarkan musik. Anak-anak dapat dengan bebas mendengarkan musik yang sesuai dengan usianya serta dapat dijadikan sebagai sarana edukasi serta hiburan. Proses penelitian dibagi menjadi dua tahap yaitu tahap perancangan prototype aplikasi mobile PlayKids menggunakan metode UX Lifecycle dan tahap pengujian prototype menggunakan metode usability testing (USE Questionnaire) sebagai evaluasinya. Tahapan penerapan metode UX Lifecycle terdiri dari analisis, desain, prorotipe, dan terakhir evaluasi. Hasil rekap nilai usability pada kuesioner USE menunjukkan keseluruhan atribut memiliki nilai penerimaan usability oleh user dengan rata-rata nilai diatas 3 yaitu 4,25. Selain itu, hasil rata-rata dari presentase indeks yang mencakup tiga aspek (system, user, interaction) adalah sebesar 84% dan hasil rata-rata efisiensi relatif keseluruhan sebesar 73%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi PlayKids dalam bentuk prototype medium fidelity yang telah dibuat memiliki nilai aspek usability dikarenakan PlayKids mudah digunakan, dipelajari, serta dimengerti oleh pengguna. PlayKids sudah memenuhi kelima aspek usability sehingga dapat diterapkan sebagai aplikasi yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Sementara itu, hasil uji T membuktikan bahwa H1 tidak sama dengan 3 (diterima) sesuai dengan hasil nilai rata-rata skor USE yaitu 4,25. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Y. M. Netti and I. Irwansyah, “Spotify: Aplikasi Music Streaming untuk Generasi Milenial,” J. Komun., vol. 10, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.24912/jk.v10i1.1102.

G. W. Dewatara and S. M. Agustin, “Pemasaran Musik Pada Era Digital Digitalisasi Industri Musik Dalam Industri 4.0 Di Indonesia,” WACANA, J. Ilm. Ilmu Komun., vol. 18, no. 1, 2019, doi: 10.32509/wacana.v18i1.729.

M. Gao, P. Kortum, and F. Oswald, “Psychometric evaluation of the USE (usefulness, satisfaction, and ease of use) questionnaire for reliability and validity,” Proc. Hum. Factors Ergon. Soc., vol. 3, pp. 1414–1418, 2018, doi: 10.1177/1541931218621322.

D. Hudaifa, I. Aknuranda, and K. C. Brata, “Evaluasi dan Perbaikan Aplikasi Mobile Malang Menyapa Menggunakan Metode Usability Testing dan USE Questionnaire,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. e-ISSN, vol. 2548, p. 964X.

A. M. Lund, “Measuring usability with the USE questionnaire,” Usability interface, vol. 8, no. 2, pp. 3–6, 2001, doi: 10.1177/107808740225036.

D. R. Rahadi, “Pengukuran usability sistem menggunakan use questionnaire pada aplikasi android,” JSI J. Sist. Inf., vol. 6, no. 1, 2014.

V. Sahfitri and M. Ulfa, “Analisis Usability Sistem E-Learning Menggunakan Use Questionnaire,” Pros. SNaPP Sains, Teknol., vol. 4, no. 1, pp. 373–380, 2014.

H. Sastramihardja, I. N. Hapsari, and I. A. Neri, “Pengukuran Usability Dengan Sarana Task Model Dalam User Center Software Development,” J. Penelit. dan Pengemb. Telekomun., vol. 13, no. 2, 2008.

J. Mifsud, “Usability metrics–A guide to quantify the usability of any system,” Usability Geek, 2015.

S. Wignjosoebroto, A. Sudiarno, and D. Harenda, “Perancangan Interface Prototype Web Berdasarkan Pada Aspek Usability (Studi Kasus: Laboratorium Ergonomi dan Perancangan Sistem Kerja Teknik Industri ITS),” Surabaya Inst. Teknol. Sepuluh Nop., 2009.

A. C. Wardhana, T. Fani, N. Adila, and K. P. Raharjo, “Perancangan Aplikasi Antrean Online Pemeriksaan Ibu Hamil Menggunakan User Experience Lifecycle,” vol. 4, no. 1998, pp. 1016–1023, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i4.2338.

S. Santoso, “Panduan lengkap SPSS,” Jakarta PT Elex Media Komputindo, 2012.

Published
2022-06-20
How to Cite
[1]
M. A. Yahya, T. Wahyuningrum, and N. Adi Prasetyo, “Usability Testing pada Prototype Aplikasi Mobile PlayKids Menggunakan USE Questionnaire”, J. Appl. Comput. Sci. Technol., vol. 3, no. 1, pp. 169 - 178, Jun. 2022.
Section
Articles
Bookmark and Share