Usability Testing pada Prototype Aplikasi Mobile PlayKids Menggunakan USE Questionnaire
I will put the dimension here
Abstract
PlayKids merupakan sebuah sistem aplikasi berbasis mobile yang dibuat atau ditujukan untuk anak anak usia rentan antara 4 - 12 tahun. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan untuk mengarahkan kesesuaian ketersediaan musik dengan kebutuhan konsumsi musik untuk anak. Karena sampai dengan saat ini fasilitas layanan musik digital yang tersedia bersifat acak bahkan kebanyakan untuk konsumsi dewasa. Dengan menggunakan aplikasi ini para orang tua tidak perlu lagi merasa khawatir dalam mengawasi anak-anak mereka ketika mendengarkan musik. Anak-anak dapat dengan bebas mendengarkan musik yang sesuai dengan usianya serta dapat dijadikan sebagai sarana edukasi serta hiburan. Proses penelitian dibagi menjadi dua tahap yaitu tahap perancangan prototype aplikasi mobile PlayKids menggunakan metode UX Lifecycle dan tahap pengujian prototype menggunakan metode usability testing (USE Questionnaire) sebagai evaluasinya. Tahapan penerapan metode UX Lifecycle terdiri dari analisis, desain, prorotipe, dan terakhir evaluasi. Hasil rekap nilai usability pada kuesioner USE menunjukkan keseluruhan atribut memiliki nilai penerimaan usability oleh user dengan rata-rata nilai diatas 3 yaitu 4,25. Selain itu, hasil rata-rata dari presentase indeks yang mencakup tiga aspek (system, user, interaction) adalah sebesar 84% dan hasil rata-rata efisiensi relatif keseluruhan sebesar 73%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi PlayKids dalam bentuk prototype medium fidelity yang telah dibuat memiliki nilai aspek usability dikarenakan PlayKids mudah digunakan, dipelajari, serta dimengerti oleh pengguna. PlayKids sudah memenuhi kelima aspek usability sehingga dapat diterapkan sebagai aplikasi yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Sementara itu, hasil uji T membuktikan bahwa H1 tidak sama dengan 3 (diterima) sesuai dengan hasil nilai rata-rata skor USE yaitu 4,25.
Downloads
References
S. Y. M. Netti and I. Irwansyah, “Spotify: Aplikasi Music Streaming untuk Generasi Milenial,” J. Komun., vol. 10, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.24912/jk.v10i1.1102.
G. W. Dewatara and S. M. Agustin, “Pemasaran Musik Pada Era Digital Digitalisasi Industri Musik Dalam Industri 4.0 Di Indonesia,” WACANA, J. Ilm. Ilmu Komun., vol. 18, no. 1, 2019, doi: 10.32509/wacana.v18i1.729.
M. Gao, P. Kortum, and F. Oswald, “Psychometric evaluation of the USE (usefulness, satisfaction, and ease of use) questionnaire for reliability and validity,” Proc. Hum. Factors Ergon. Soc., vol. 3, pp. 1414–1418, 2018, doi: 10.1177/1541931218621322.
D. Hudaifa, I. Aknuranda, and K. C. Brata, “Evaluasi dan Perbaikan Aplikasi Mobile Malang Menyapa Menggunakan Metode Usability Testing dan USE Questionnaire,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. e-ISSN, vol. 2548, p. 964X.
A. M. Lund, “Measuring usability with the USE questionnaire,” Usability interface, vol. 8, no. 2, pp. 3–6, 2001, doi: 10.1177/107808740225036.
D. R. Rahadi, “Pengukuran usability sistem menggunakan use questionnaire pada aplikasi android,” JSI J. Sist. Inf., vol. 6, no. 1, 2014.
V. Sahfitri and M. Ulfa, “Analisis Usability Sistem E-Learning Menggunakan Use Questionnaire,” Pros. SNaPP Sains, Teknol., vol. 4, no. 1, pp. 373–380, 2014.
H. Sastramihardja, I. N. Hapsari, and I. A. Neri, “Pengukuran Usability Dengan Sarana Task Model Dalam User Center Software Development,” J. Penelit. dan Pengemb. Telekomun., vol. 13, no. 2, 2008.
J. Mifsud, “Usability metrics–A guide to quantify the usability of any system,” Usability Geek, 2015.
S. Wignjosoebroto, A. Sudiarno, and D. Harenda, “Perancangan Interface Prototype Web Berdasarkan Pada Aspek Usability (Studi Kasus: Laboratorium Ergonomi dan Perancangan Sistem Kerja Teknik Industri ITS),” Surabaya Inst. Teknol. Sepuluh Nop., 2009.
A. C. Wardhana, T. Fani, N. Adila, and K. P. Raharjo, “Perancangan Aplikasi Antrean Online Pemeriksaan Ibu Hamil Menggunakan User Experience Lifecycle,” vol. 4, no. 1998, pp. 1016–1023, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i4.2338.
S. Santoso, “Panduan lengkap SPSS,” Jakarta PT Elex Media Komputindo, 2012.
Copyright (c) 2022 Morleedia Adi Yahya, Tenia Wahyuningrum, Novian Adi Prasetyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Dengan mengirimkan manuskrip ke Journal of Applied Computer Science and Technology (JACOST), penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Journal of Applied Computer Science and Technology (JACOST) sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-SA).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Journal of Applied Computer Science and Technology (JACOST);
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Journal of Applied Computer Science and Technology (JACOST) tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.
Lisensi :
Journal of Applied Computer Science and Technology (JACOST) diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-SA). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :.
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun.
Lisensi :
-
Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
-
BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.