Analisis Perbandingan Teoritis Performansi Daya Mesin Mobil dan Konsumsi Bahan Bakar Spesifik Berteknologi VVT-i dan Non VVT-i

  • Yudhi Chandra Dwiaji Universitas Mercubuana
  • Oka Mahendra Universitas Mercubuana
DOI: https://doi.org/10.52158/jamere.v1i1.82
I will put the dimension here
Kata Kunci: VVT-i, Valve Timing, ECU, Crankshaft

Abstrak

Mesin berteknologi VVT-i (Variable Valve Timing with Intellegence) pada dasarnya bekerja mengoptimalkan torsi mesin pada setiap kecepatan serta kondisi mengemudi. Mekanisme tersebut akhirnya akan membuahkan konsumsi BBM menjadi lebih efisien serta emisi gas buang menjadi lebih rendah. Cara kerja teknologi VVT-i cukup sederhana, yaitu untuk menghitung waktu buka tutup katup (Valve Timing) yang optimal, ECU (Electronic Control Unit) akan menyesuaikan dengan kecepatan mesin, volume udara masuk, posisi throttle dan temperatur air. Agar target valve timing senantiasa terwujud, sensor posisi crankshaft memberikan sinyal yang menjadi respon koreksi. Sistem VVT-i ini akan mengoreksi valve timing atau jalur keluar masuk bahan bakar dan udara. Disesuaikan dengan pijakan pedal gas dan beban yang ditanggung untuk menghasilkan torsi optimal di tiap putaran dan beban mesin. Teknologi ini juga diklaim memiliki kelebihan tenaga yang jauh lebih optimal dan hemat konsumsi bahan bakar, serta ramah lingkungan.

Referensi

Anonim. (2015). Gasoline Engine. Jakarta : PT. Astra Daihatsu Motor.

Arends, BPM, dan H. Berenschot. (1980). Motor Bensin. Jakarta :Erlangga.

Astawa, Ketut. (2015). Pencapaian Performa Pada Katup Variable Timing Fixed Timing

Untuk Mesin Yang Optimal. Jurnal Teknik Industri, Vol.11,No.1, Hal. 68-74.

Heywood, John B. (1988). Internal Combustion Engine Fundamentals. Mcgraw Hill Book Company, New York.

Kurniawan, Andy Yusuf. (2015). Identifikasi Sistem VVT-i Kijang Innova 1TR-FE. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Moran, Michael J. (2007). Termodinamika Teknik Jilid 2. Erlangga .

Siregar, Fatah Maulana. (2009). Kajian Teoritis Performansi Mesin Berteknologi VVT-i

Dan Non VVT-i. Jurnal Repository.usu.ac.id, Hal. 25-43.

Sitorus, Tulus Burhanuddin. (2009). Tinjauan Teoritis Performansi Mesin Berteknologi.

VVT-i. Medan : Universitas Sumatera Utara.

Soenarta, Nakoela dan Sochi Furuhama. (1995). Motor Serba Guna. Jakarta : Pradnya Paramita.

Suyanto, Wardan. (1989).Teori Motor Bensin. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

Diterbitkan
2021-02-03
Bagian
Articles