Analisis Indeks Kepuasan Pengguna Terhadap Manajemen Pemeliharaan Bangunan Gedung

  • Candra Wira Adikusuma Universitas Jember
  • Anik Ratnaningsih Universitas Jember
  • Jojok Widodo Soetjipto Universitas Jember
DOI: https://doi.org/10.52158/jaceit.v4i2.574
I will put the dimension here
Keywords: Maintenance, Building, Satisfaction Index

Abstract

Gedung Kimia A Fakultas MIPA Universitas Jember merupakan bangunan yang dipergunakan sebagai laboratorium penelitian. Gedung Kimia A Fakultas MIPA berdiri pada tahun 1991, sehingga telah beroperasi selama ±31 tahun. Penting adanya manajemen operasional pemeliharaan untuk menunjang kualitas bangunan gedung sehingga layak pakai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor keluhan pengguna, menganalisis nilai indeks kepuasan pengguna dengan metode Customer Satisfaction Index (CSI), dan menentukan strategi peningkatan nilai indeks kepuasan pengguna. Teknik pengambilan sampel dengan metode slovin. Populasi pengguna gedung sebesar 190 orang dengan sampel 66 orang. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Teknik analisa data adalah rumusan persepsi pengguna terhadap pemeliharaan Gedung Kimia A Fakultas MIPA Universitas Jember. Berdasarkan hasil dan pembahasan, Gedung Kimia A Fakultas MIPA memiliki nilai Indeks Kondisi Bangunan (IKB) sebesar 78,05 % dengan deskripsi kondisi masih baik, dan nilai Customer Satisfaction Index (CSI) sebesar 66,19 % dengan deskripsi cukup puas. Berdasarkan diagram kartesius empat kuadran metode Importance Performance Analysis (IPA), diketahui 5 variabel pada kuadran satu yang berarti prioritas utama perbaikan. Strategi peningkatan nilai indeks kepuasan pengguna dengan dilakukan perbaikan pada komponen yang termasuk kedalam kuadran satu, sehingga dapat dikatakan sangat puas berdasarkan tingkat kepuasan dengan nilai sebesar >80 %.

References

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Tahun 2010. Tentang Pemeliharaan Bangunan Gedung Nomer 16/PRT/M/2010. Jakarta. 2010.

Kusnadi, E. Sistem Pendukung Keputusan Pemeliharaan Bangunan Sekolah Negeri. Tesis. Surakarta: Program Pascasarjana Teknik Rehabilitasi Pemeliharaan Bangunan Sipil Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2011.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia Nomor 14 Tahun 2017. Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan. 09 Mei 2017. Jakarta. 2017.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 16 Tahun 2010. Pedoman Teknis Pemeriksaan Berkala Bangunan Gedung. 3 Desember 2010. 16/PRT/M/2010. Jakarta. 2010.

ALIM, D. R. M. Analisis Korelasi Kerusaka Bangunan Terhadap Tingkat Kepuasan Pengguna Gedung Rusunawa Putra Universitas Jember (Doctoral dissertation, Fakultas Teknik).

Adriansyah, A., & Trikomara, R. Estimasi Biaya Pemeliharaan Bangunan Berdasarkan Pedoman Pemeliharaan Dan Perawatan Bangunan Gedung (Permen Nomor: 24/PRT/M/2008) (Studi Kasus Bangunan Masjid Islamic Center Bangkinang) (Doctoral dissertation, Riau University). 2014.

Ismanto, I., Harimurti, H., & Zaika, Y. Penentuan Prioritas Kegiatan Perawatan Bangunan Gedung Sekolah Negeri Di Kota Blitar. Rekayasa Sipil, 11(3), 236-244. 2017.

Arifin, B. A. “Evaluasi Sistem Manajemen Aset Bangunan Gedung Menggunakan Penilaian Indeks Kondisi Bangunan Pada Komponen Arsitektural Dan Struktural (Studi Kasus : Gedung Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Jember)”. 2020.

Mohammad R. Khadafya, Muttaqin Muttaqinb, Anita Rauzanac. “Identifikasi Faktor Kinerja Kontraktor Yang Paling Berpengaruh Terhadap Kepuasan Stakeholders Di Dinas Cipta Karya Aceh”. 2019.

Usman, K., & Winandi, R. Kajian Manajeman Pemeliharaan Gedung (Building Maintenance) Di Universitas Lampung. Rekayasa: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung, 13(2), 157-166. 2009.

Published
2023-12-01
How to Cite
Adikusuma, C. W., Anik Ratnaningsih, & Soetjipto, J. W. (2023). Analisis Indeks Kepuasan Pengguna Terhadap Manajemen Pemeliharaan Bangunan Gedung. Journal of Applied Civil Engineering and Infrastructure Technology, 4(2), 42-46. https://doi.org/10.52158/jaceit.v4i2.574
Section
Articles