Bimbingan dan Pelatihan Konten Sosial Media pada UKM “Jajanan Bian” Kota Malang untuk Meningkatkan Penjualan
Kata Kunci:
Marketing, Social media content, SMEAbstrak
Media sosial saat ini merupakan salah satu alat pemasaran yang sudah seharusnya dimiliki oleh para pemilik usaha, karena bisa dikatakan hampir semua orang, khususnya di Indonesia merupakan pengguna aktif media sosial, sehingga jika pemilik usaha ingin berkomunikasi dengan target pasar atau pelanggan, sangat disarankan untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial. Namun, ada masalah yang biasanya dihadapi oleh para pelaku usaha kecil dan menengah yaitu kurangnya sumber daya manusia dan terbatasnya keterampilan dan pengetahuan tentang pemasaran media sosial, sehingga dengan adanya program ini, diharapkan kedepannya para pelaku usaha kecil dan menengah dapat lebih mengoptimalkan penggunaan platform media sosial yang mereka miliki. Metode yang diterapkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dengan melakukan pelatihan dan pendampingan kepada pemilik usaha sebagai pihak yang merancang dan merencanakan strategi pemasaran perusahaannya. Dari seluruh kegiatan yang dilakukan, ditemukan bahwa ketidakkonsistenan dalam mengunggah dan penulisan konten yang masih tradisional membuat komunikasi di media sosial menjadi kurang menarik, sehingga kesimpulannya adalah menemukan perilaku pelanggan dalam menggunakan media sosial dan membuat konten yang lebih life-connected experience dapat menciptakan ketertarikan bagi pelanggan.

View JACE Stats