Penggunaan Katalis Kalsium Karbonat Pada Karburasi Padat Baja ST 37

  • Muh Anhar Teknik Mesin, Perawatan dan Perbaikan Mesin,Politeknik Negeri Ketapang
  • Sartika Teknik Pertambangan, Politeknik Negeri Ketapang
DOI: https://doi.org/10.52158/jamere.v2i1.292
I will put the dimension here
Keywords: Heat treatment, solid carburizing, steel ST 37

Abstract

Era yang serba modern saat ini, sangat banyak kita jumpai peralatan yang menggunakan logam sebagai bahan utama pembuatannya. Penggunaan logam yang memiliki kekerasan baik, sangat diperlukan terutama pada bagian mesin yang harus selalu bersinggungan dengan bagian mesin lainnya. Salah satu cara untuk menaikan kekekerasan logam adalah dengan melakukan penambahan karbon pada logam tersebut. Proses penambahan karbon adalah dengan cara karburasi padat. Penggunaan katalis kalsium karbonat juga dapat digunakan untuk mempercepat terjadinya reaksi pada karburasi padat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proses karburasi pada baja ST 37 baik itu dengan menggunakan katalis maupun tanpa katalis terhadap uji kekerasan. Dari hasil pengamatan dan pengumpulan data yang telah dilakukan maka didapatlah nilai kekerasan rata - rata raw material adalah sebesar 47,9 HRB. Untuk baja ST 37 yang dilakukan proses heat treatment dengan temperature 900ºC dilakukan proses normalizing dan proses quenching masing – masing memiliki nilai kekerasan rata – rata sebesar 47,5 HRB dan 49,05 HRB. Serta baja ST 37 yang dilakukan proses karburasi padat dengan menggunakan katalis dan tanpa katalis masing – masing memiliki angka kekerasan sebesar 48,6 HRB dan 48,2 HRB. Dari hasil tersebut diatas maka diketahui bahwasannya lama waktu pendinginan berpengaruh terhadap kekerasan baja ST 37. Proses karburasi dapat meningkatkan kekerasan dikarenakan terjadinya penambahan karbon pada baja. Katalis berperan dalam peningkatan kekerasan baja, hal ini karena katalis dapat mempercepat laju reaksi pada karburasi

References

[1] M. Anhar, “PROSES KARBURASI PADA BAJA KARBON RENDAH DENGAN MENGGUNAKAN KARBON ARANG KAYU BELIAN DAN ARANG KAYU AKASIA,” INOVTEK POLBENG, vol. 9, no. 2, p. 190, Nov. 2019, doi: 10.35314/ip.v9i2.1001.
[2] M. Iqbal and D. Arisandi, “ANALISIS KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO PADA BAJA KOMERSIL YANG MENDAPATKAN PROSES PACK CARBURIZING DENGAN ARANG CANGKANG KELAPA SAWIT,” vol. 8, p. 11.
[3] “Pengaruh Media Pendingin Terhadap Struktur Mikro, Kekerasan Dan Laju Korosi Pada Hardening Baja Karbon Sedang.”
[4] M. Anhar, “Pendinginan Pengelasan dengan Metode SMAW pada Kekerasan Baja Karbon ST37 dengan Media Serbuk Semen Abu-Abu pada Beban Rockwell 100 kgf,” ROTASI, vol. 21, no. 3, p. 140, Aug. 2019, doi: 10.14710/rotasi.21.3.140-146.
[5] M. Anhar and A. Ruchiyat, “Pendinginan Pengelasan menggunakan Metode SMAW pada Kekerasan Baja Karbon ST3 dengan Media Serbuk Semen Putih dan Beban Rockwell 100kgf,” J. Teknol. Dan Rekayasa Manufaktur, vol. 2, no. 2, pp. 99–108, Oct. 2020, doi: 10.48182/jtrm.v2i2.66
Published
2022-02-27
How to Cite
Muh Anhar, & Sartika. (2022). Penggunaan Katalis Kalsium Karbonat Pada Karburasi Padat Baja ST 37. Journal of Applied Mechanical Engineering and Renewable Energy, 2(1), 1 - 8. https://doi.org/10.52158/jamere.v2i1.292
Section
Articles