Rancang Bangun Sistem Monitoring Prototype Mesin Packaging Berbasis PLC

  • Wira Indani Politeknik Caltex Riau
  • Andrean Wahyudi Politeknik Caltex Riau
  • Wiwin Styorini Politeknik Caltex Riau
  • Yuli Triyani Politeknik Caltex Riau
DOI: https://doi.org/10.52158/jasens.v3i01.304
I will put the dimension here
Keywords: PLC, Scada, Monitoring, Sistem, Humand error

Abstract

Meningkatnya kebutuhan akan informasi, pemantauan, dan pengendalian sistem monitoring terhadap peralatan, industri, otomotif, dan bahkan farmasi membuat teknologi monitoring secara real time dibutuhkan. Sistem Monitoring dirancang agar mesin produksi dapat dimonitor secara realtime, sehingga pengawasan suatu proses produksi menjadi effisien. Sistem ini memanfaatkan controller PLC (Programmable logic controller) sebagai pengatur dari sistem monitoring yang dikomunikasikan dengan Scada sebagai software untuk memproses data yang dihasilkan dapat ditampilkan melalui PC secara realtime. Implementasi dari Rancang Bangun Sistem Monitoring Prototype Mesin Packaging Berbasis PLC dapat menampilkan data dari waktu permesinan, dari Running time, Minor Stop Time dan Breakdown Time. Dimana klasifikasi waktu tersebut di buat secara otomatis sehingga dapat memudahkan para operator dalam mendata waktu permesinan dan memonitor kegiatan produksi me njadi lebih mudah dan terstruktur. Data dari PLC yang didapatkan akan ditransmisikan kepada Sercer OPC yang terhubung dengan SCADA Intouch Wonderware sebagai display untuk proyek akhir ini. Dari sepuluh kali pengambilan data, waktu running yang diterima dari PLC ke PC (Wonderware) dan sebaliknya dari PC (Wonderware) ke PLC sistem ini merespon dengan baik ketika fungsi dijalankan. Dimana terdapat perbedaan waktu atau delay sebesar 0,27s pada tombol ON dan 0,33s pada tombol OFF dengan penekanan dengan Software dan Hardware. Penekanan dengan software mendapatkan waktu tunda yang lebih besar dikarenakan melewati server dahulu untuk menghubungkan PLC ke PC (Wonderware).

Kata kunci: PLC, Scada, Monitoring, Sistem, human error.

References

Faried Effendy, Barry Nuqoba. (2016). Sistem Monitoring Online untuk Perusahaan. Garuda ristekdikti, 6.
Hidayat, Muhammad; Khotimah, Ade Nirma Khusnul; Ardi, ST, MT, Dr.Eng Syahril. (2019). Sistem Monitoring Mesin Press Berbasis PCL dan Intouch. Ippm Polman Astra, 66.
Prasetya A.S, J. (2007). Monitoring dan Controlling Mesin Produksi Via Web Berbasis Programmable Logic Controller (PLC). Repository University of Surabaya, 1.
Syahril. (2019). Sistem Monitoring Mesin Press Berbasis PCL dan Intouch. Ippm Polman Astra, 66.
Ardiansyah, Hendri., Taryana, Nandang. dan Nataliana, Decy (2013). Perancangan Simulator Sistem Pengepakan dan Penyortiran Barang berbasis PLC Twido TWDLMDA20DTK. Jurnal Reka Elkomika. Vol.1 No.4.
A. Goeritno dan Y. Herutama, “Sistem elektronis berbantuan pc untuk pemantauan kondisi pasokan daya listrik,” Jurnal Rekayasa Elektrika, Vol. 14, No. 2, hal. 96-104, 2018.
Mohammad S. Saleh, Khalid G. Mohammed, Zuhair Sameen Shuker, and Aws Zuhair Sameen (2018). Design and implementation of plc-based monitoring and sequence controller system. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, vol 10, no. 02.
D.E. Kandray (2010). Introduction to programmable logic controllers. Programmable Automation Technologies: An Introduction to CNC, Robotics, and PLCs. New York, NY: Industrial Press, Inc. 57
A. Goeritno, dan S. Pratama (2020). Rancang-Bangun Prototipe Sistem Kontrol Berbasis Programmable Logic Controller untuk Pengoperasian Miniatur Penyortiran Material. Jurnal Rekayasa Elektrika, vol. 16, no. 3, hlm. 198-206.
Laksmana, Gregorius Andry, Santoso, Petrus dan Pasila, Felix. (2017). Aplikasi Untuk Memonitoring PLC Pada Mesin Filling dan Capping. Jurnal Teknik Elektro, Vol.10, No.2.
Riyandar, M. Wildan, A. Goeritno, J. Irawan (2021). Pengembangan Embedded Device Berbasis PLC untuk Simulator Rejection System dengan Penambahan Human Machine Interface. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) Vol. 5 No. 6.
Pranoto, Agung (2014). Kelistrikan dan Pemograman Trainer Pemotong dan Penghitung Berbasis Pneumatik dengan Kontroller PLC. JRM. Volume 02 Nomor 01, 41-47.
Omron (2005). SYSMAC CP Series, CP1H CPU Unit Operational Manual. Omron Asia Pasific, Ltd. Singapore. Invensys (2004). Wonderware OPCLink User’s Guide. pdf, Invesys System26561 Rancho Parkway South Lake Forest.
Published
2022-06-30
How to Cite
Indani, W., Wahyudi, A., Styorini, W., & Triyani, Y. (2022). Rancang Bangun Sistem Monitoring Prototype Mesin Packaging Berbasis PLC. Journal of Applied Smart Electrical Network and Systems, 3(01), 25-32. https://doi.org/10.52158/jasens.v3i01.304