Analisis Persebaran Panas Pada Mesin Oven Pengering Kerupuk Dengan Burner Sederhana Berbasis Computational Fluid Dynamics

  • Adetia Riski Wardana Universitas PGRI Semarang
  • Agus Mukhtar Universitas PGRI Semarang
  • Aan Burhanuddin Universitas PGRI Semarang
DOI: https://doi.org/10.52158/jamere.v4i2.821
I will put the dimension here
Kata Kunci: Mesin oven pengering kerupuk, persebaran panas, computational fluid dynamic

Abstrak

Permasalahan utama dalam pengeringan kerupuk adalah pengeringan yang tidak seragam serta pengeringan yang masih menggunakan tenaga panas matahari. Pada musim penghujan proses pengeringan kerupuk tidak bisa dilakukan secara cepat atau berlangsung lama sehingga mengurangi jumlah produksi kerupuk pada UMKM kerupuk. Maka dari itu solusi yang bisa digunakan yaitu menggunakan teknologi secara sederhana mesin oven pengering kerupuk yang dapat membantu produktivitas umkm kerupuk dalam proses pengeringan disaat musim penghujan tiba. Penelitian ini bertujuan mengetahui sebaran panas di dalam box oven pengering kerupuk dengan Computaional Fluid Dynamics, mengetahui temperatur optimal untuk mengeringkan kerupuk dengan mesin oven pengering kerupuk dan mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan kerupuk menggunakan mesin oven pengering kerupuk. Dari hasil simulasi menggunakan software ansys fluent 19.2 didapat persebaran panas hampir merata di dalam box pengering setiap rak dengan inlet sumber pemanas 75 ˚C dengan rentang suhu 49 ˚C - 54 ˚C di setiap rak secara bertingkat. Dari hasil percobaan langsung didapat proses pengeringan dengan sumber pemanas 75 ˚C menghasilkan penurunan berat kerupuk dari berat satuan awal sebesar 6 gr dan berat satuan akhir kerupuk sebesar 3 gr. Proses pengeringan dengan mesin oven pengering kerupuk berlangsung selama 3 jam untuk mencapai kering dengan sempurna.

 

Kata kunci: Mesin oven pengering kerupuk, persebaran panas, computational fluid dynamic

Referensi

Ahmad Hisyam. 2016. “Analisis Perpindahan Panas Pada Oven Menggunakan Pemanas Listrik Untuk Proses Pengeringan Daun Kelor”. Tugas Akhir. Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Agus, Petrus dkk. 2013. “Rancang Bangun Alat Pengering Biji Kopi”. Laporan Tugas Akhir. Makassar. Politeknik Ujung Pandang.

Ananta Kurnia Putra. 2010. “Rancang Bangun Oven untuk Mengeringkan Tokek dengan Sumber Panas Udara yang Dipanaskan dengan Kompor LPG”. Tugas Akhir. Surabaya. Institus Teknologi Sepuluh Nopember.

Andreias Lalo Mere. 2022. Analisis Perpindahan Panas pada Mesin Pengering Daun Kelor Tipe Tray Dryer Menggunakan Lampu Pijar Sebagai Pemanas. Jurnal Simetris. Nusa Tenggara Timur. Universitas Nusa Cendana.

Ansys Inc. 2017. Ansys Fluent Tutorial Guide.

Galang Mahmud Efendi. 2022. “Pemodelan Perambatan Panas Pada Mesin Oven Kerupuk Jagung Dengan Sumber Pemanas Kompor Api Berbasi Metode Computational Fluid Dynamics”. Skripsi. Semarang. Universitas PGRI Semarang.

Holman JP. 1989. Heat Transfer. Mc Graw Hill. New York.

Ida Bagus Alit, I Gede Bawa Susana. 2022. “Evaluasi Pengeringan Kunyit Menggunakan Pengerik Rak Vertikal Sumber Energi Sekam Padi Metode Konveksi Paksa”. Jurnal Agrointek. Mataram. Universitas Mataram.

Joko Yunianto Prihatin dkk. 2020. “Kualitas Laju Panas Konveksi Pada Mesin Oven Kompor Rotary. Jurnal Teknika. Surakarta. Sekolah Tinggi Teknologi Warga Surakarta.

La Ode Mohammad Firman, Buddhi M Suyitno. 2019. “Analisis Energi Panas Pada Alat Pengering Kacang Mete”. Jakarta. Universitas Pancasila.

Lestari Fierda, Ilham Alkaromin. 2015. “Pembuatan dan Pengujian Unjuk Kerja Oven Pengering Kerupuk Untuk Kapasitas 6 Kg”. Tugas Akhir. Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Lusiani dkk. 2022. “Perpindahan Kalor”. Bandung. CV Media Sains Indonesia.

Miftahul Huda, Danang Dwi Saputra. 2021. “ Analisis Aliran Udara pada Ruang Pengering Low Temperatur Dryer dengan Simulasi CFD”. Jurnal Inovasi Mesin. Semarang. Univeritas Negeri Semarang.

Muhammad Fahlam Suhelmi dkk. 2022. Perhitungan Efisiensi Pengering pada Mesin Pengering gabah Tipe Flat Bed Dryer di Cv XYZ. Jurnal Rekayasa Mesin. Karawang. Universitas Singa Perbangsa.

Muhammad Nur Safin dkk. 2022. “Rancang Bangun Mesin Pengering Untuk Hasil Pertanian (Studi Kasus Pada Umbi Gadung)”. Jurnal Prosiding Teknik Mesin. Surabaya. Universitas 17 Agustus Surabaya.

Nazar, Andrew. 2014. Analisis Perpindahan Panas Pada Oven Untuk Proses Pengeringan Jamur Tiram. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh November.

Riska Rusli, Et al. 2018. “Konduktivitas Panas dan Koefisien Pindah Panas Pada Proses Pengeringan Gabah Dengan Mengginakan Cabinet Dryer”. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Theodore L. Bergaman, Adrien S. Lavine, Frank P. Incropera, David P. Dewitt. Fundamental of Heat and Mass Transfer Seventh Edition. United States.

Zaid. 2015. “Perancangan Mesin Pengering Cabai Kapasitas 100 Kg/Proses”. Skripsi. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.

Diterbitkan
2024-05-31
Bagian
Articles