Uji Kekerasan Bahan Gear Sprocket Dengan Campuran Timah (Sn)

  • Normansyah Normansyah Politeknik Negeri Ketapang
  • Muh Anhar Politeknik Negeri Ketapang
DOI: https://doi.org/10.52158/jamere.v1i1.80
I will put the dimension here
Kata Kunci: Uji Kekerasan, Gear Sprocket, Timah

Abstrak

Proses Uji bahan material Gear Sprocket meliputi proses pemotongan material yang digunakan sebagai sampel Uji Bahan yang dilakukan pencampuran maupun tidak dilakukan pencampuran. Dalam sampel yang dilakukan pencampuran yaitu Logam dasar yang sudah dilakukan pemotongan dengan perbandingan nilai 10:2 Ons Material Gear Sprocket 10 dan Material Timah 2 Ons, akan dilakukan peleburan untuk proses pemaduan/mempersatukan kedua jenis material tersebut sebagai bahan material sampel Uji bahan dengan pencampuran tersebut, sedangkan sampel material Gear Sprocket yang tidak dilakukan pencampuran juga diambil nilai beban 10 Ons, untuk sebagai sampel pengujian yang tidak dilakukan pencampuran tersebut. Data hasil pengujian dari Sampel material Gear Sprocket dengan pencampuran Timah dengan empat kali pengujian dari beberapa bagian permukaan yang berbeda didapat nilai 51,5, 55, 50, 53 kgf. Sedangkan Sampel material Gear Sprocket yang tanpa pencampuran Timah didapat hasil nilai 50, 51, 50, 50 kgf. didalam pemaduan Material Timah dengan logam dasar Gear Sprocket dengan perbandingan Material Timah 2 Ons dan Material Gear Sprocket 10 Ons didapat hasil kekerasan yang tidak stabil, sehingga nilai yang didapat dari material yang dilakukan perlakuan tersebut didapat nilai yang kurang memungkinkan, sedangkan nilai uji bahan dari Material Gear Sprocket yang tidak dilakukan pemaduan didapat hasil yang baik dari tiap-tiap permukaanya walaupun nilai kekerasannya sedikit lebih kecil dari hasil material yang dilakukan perlakuan.

Referensi

Amanto. Hari dan Daryanto., “Ilmu Bahan”, Bumi Aksara,Jakarta, 1999

Anhar,Muh ,2020,Pengaruh Variasi Media Pendingin Terhadap Nilai Kekerasan Paduan Gear Sprocket Aisi 1020 Dengan Timah Melalui Heat Treatment,SIMETRI,10(10,pp 279 – 284,

DOI: https://doi.org/10.31959/js.v10i1.377

Annonim, Pengetahuan bahan ASM Handbook Vol.2., “Properties And Selection: Nonferrous Alloys And Spesial Purpose Materials”

Chijiwa,.K., “Teknik Pengecoran”. PT. Pradya Paramita, Jakarta,1992

Sudjana Hardi, “Teknik Pengecoran Jilid I”, Direktorat Pembinaan Sekolah Menegah Kejuruan DepDikNas, Jakarta, 2008 [5] ASM Handbook Vol.3, “Alloy Phase Diagram”

Pratiwi,DK, Chandra, H., “PanduanPratikumMaterial Teknik”. Laboratorium Mettalurgi Universitas Sriwijaya

Diterbitkan
2021-02-03
Bagian
Articles